Inspirasi di bidang peternakan (5) KAMBING ETTAWA

Jumat, 10 Agustus 20121komentar


Peternakan Kambing PE (Peternakan Etawa)




Memulai Beternak Kambing Etawa

Beternak kambing etawa sebenarnya sama saja dengan beternak kambing biasa. Bedanya terletak pada harga yang dipelihara. Memang harga kambing etawa lebih mahal dibandingkan harga kambing biasa (kambing kacang). Karena harga yang lebih mahal ini jugalah membuat pemula menjadi begitu bersemangat atau malah ragu “apakah beternak etawa menguntungkan?”

Ada satu pertanyaan penting sebelum seseorang mulai usaha peternakan etawa, Apakah tujuan anda beternak etawa? Untuk pedaging, susu atau kontes?. Kambing etawa memiliki tiga keuntungan yakni sebagai penghasil daging, susu dan sebagai hewan kontes. Dengan menjawab pertanyaan diatas akan menentukan pemilihan jenis kambing etawa, teknik beternak dan segmen pasar dari kambing itu sendiri.


Jika tujuan beternak anda untuk pedaging dan susu maka disini yang anda utamakan adalah kuantitas. Kuantitas yang dimaksud bisa berarti kuantitas kambing atau kuantitas volume susu yang dihasilkan. Karena kuantitas yang diutamakan maka semakin banyak kambing yang dipelihara maka akan semakin banyak juga daging dan susu yang dihasilkan.

Pada umumnya peternak yang mengembangkan kambing etawa sebagai pedaging juga menghasilkan susu kambing. Namun hal ini tidak selalu demikian tergantung faktor geografis dan pasar yang ada. Faktor geografis disini adalah dimana letak peternakan itu berada. Kambing etawa dapat menghasilkan susu secara maksimal di daerah yang dingin atau pegunungan. Daerah pegunungan umumnya juga menyediakan bahan pakan hijauan yang dapat membuat produksi susu kambing semakin besar. Hijauan seperti Kaliandra dan Sengon sangat membantu mendorong pertumbuhan dan produksi susu seekor kambing. Jika di daerah sekitar peternakan ada penadah/distributor atau konsumen susu kambing maka anda dapat menjual hasil susu kambing peternakan anda.

Pertanyaannya jika harga kambing etawa mahal bagaimana seorang dengan modal pas-pas-an akan memulai usaha peternakan kambing etawa? Bagaimana mungkin menghasilkan kuantitas yang banyak jika tidak mampu memiliki jumlah kambing yang memadai? Solusi alternatifnya adalah varian kambing etawa itu sendiri yakni Etawa Senduro . Kambing ini memiliki postur yang bagus dan tebal. Selain itu produksi susu betinanya dapat menyamai produksi kambing etawa lainnya. Harga dari kambing ini jauh lebih murah daripada kambing etawa kontes. Detail dari kambing ini dapat dilihat disini . Jenis ini sangat dianjurkan untuk yang peternak yang berfokus pada pedaging dan produksi susu . Kelompok ternak Etawa Jaya juga menggunakan kambing ini sebagai kambing etawa pedaging dan susu.


Pemilihan kambing betina penghasil susu juga perlu diperhatikan. Sangat dianjurkan untuk memilih kambing betina yang telah beranak dua kali atau umur sekitar 2 tahun. Hal ini disebabkan pada saat itulah seekor kambing betina dapat menghasilkan susu dengan maksimal. Selain itu kedua ambing betina tersebut juga harus memiliki bentuk yang sempurna, sama besar dan tidak cacat.

Kambing Kontes

Jika tujuan beternak anda untuk kontes maka yang anda utamakan adalah kualitas. Kambing etawa kelas kontes memiliki kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh seekor kambing sehingga layak disebut kambing etawa kontes. Semakin bagus kualitas yang dimiliki seekor kambing maka akan semakin mahal pula harga jualnya. Jika seekor indukan memiliki kualitas yang bagus maka hampir pasti anak (cempe) yang dihasilkan juga bagus. Akibatnya harga anakannya mahal juga. Sebagai informasi harga seekor anakan kambing etawa kelas kontes (umur 3 bulan) pada saat artikel ini ditulis adalah sekitar 3 jutaan rupiah. Terkadang harganya bisa melebihi jika kualitasnya super atau istimewa.

Karena adanya kriteria-kriteria kambing berkualitas yang harus diketahui seorang peternak kambing kontes, maka hal ini memerlukan waktu dan pengalaman langsung dilapangan. Karena itu beternak kambing kontes tidak dianjurkan untuk pemula. Untuk pemula sangat disarankan memulai beternak kambing etawa untuk tujuan pedaging dan susu. Hal ini juga untuk meminimalisasi kerugian besar yang mungkin didapat jika ternak tersebut mengalami penyakit atau kematian. Mengingat harga seekor kambing kontes cukup mahal, maka ada baiknya belajar beternak dengan kambing yang lebih murah (saat artikel ini ditulis harga satu kambing kontes umur 10 bulan dapat mencapai 10 juta rupiah).

Apakah beternak kambing etawa itu menguntungkan? Jawabannya tergantung pada niat dan konsistensi anda dalam beternak. Bahkan semua usaha selain beternak juga akan memiliki jawaban yang sama. Sebenarnya beternak kambing adalah jenis usaha yang paling mudah. Kenapa? Karena kambing yang anda pelihara bukan semakin murah, melainkan akan semakin mahal seiring dengan bertambah umur. Belum lagi jika kambing tersebut beranak pinak.

Lalu bagaimanakah resiko seperti penyakit dan kematian kambing? Semua usaha memiliki resiko. Bahkan jika anda menyimpan uang anda di bank. Rupiah semakin tidak ada harganya karena inflasi. Dalam beternak kambing, resiko hanya terletak pada penyakit, kemandulan atau keguguran (keluron). Semua ini memerlukan pengetahuan yang dapat dipelajari. Apakah lama untuk dipelajari? Hal ini juga relatif karena untuk mencapai karir sekarang inipun anda butuh sekolah puluhan tahun . Semua membutuhkan ketekunan, praktek dan mencari sumber ilmu yang tepat dari buku, internet atau peternak yang telah berpengalaman.
Harga Penjualan

Harga kambing terutama etawa semakin lama bukan semakin murah. Hal ini disebabkan alasan inflasi, jumlah penduduk, religius (akikah, kurban, dll) dan manfaat susu kambing yang semakin populer di masyarakat. Satu keunggulan kambing etawa dibandingkan kambing lain adalah diekspor ke negara lain seperti Malaysia. Dengan pertumbuhan 6,7 % per tahun akan konsumsi kambing Malaysia, maka pembiakan kambing etawa nasional perlu digalakkan untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Sangat dianjurkan bagi peternak pemula untuk memilih kambing langsung di peternakan. Hal ini untuk mengetahui kualitas kambing yang akan diternakkan. Tentunya memilih kambing juga memerlukan pengetahuan yang dapat anda pelajari dari berbagai sumber seperti buku, artikel atau orang-orang yang telah berpengalaman dan anda percayai/


MAKANAN

Jenis dan cara pemberiannya disesuaikan dengan umur dan kondisi ternak. Pakan yang diberikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral,( bila di pelajari secara runtut menurut disiplin ilmu peternakan ) mudah dicerna, tidak beracun dan disukai ternak, murah dan mudah diperoleh.
Pada dasarnya ada dua macam makanan, yaitu hijauan (berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (berasal dari kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral). untuk jenis HMT ( hijauan makanan ternak ) dapat saya sebutkan berdasar pengalaman para peternak yang telah memelihara kambing jenis etawa dan berdasar para nara sumber yang berdasar para petani banyak sekali macam untuk HMT beberapa jenis akan saya sebutkan :

KaliandraDadap
Glagahan
Rumput Gajah
Daun NangkaDaun Singkong ( beserta singkongnya )
Daun Ketul sapi
Jagung Muda beserta pohonnya
Daun Sengon ,MahoniDaun Waru Rengis
Daun rereside.
dan beberapa rumput yang namanya asing untuk di sebutkan..


kemudian untuk beberapa makanan tambahan seperti : Polar,Bungkil,Gula Jawa,Singkong ,Buah nangka (hijau)kulit kedelai.dll

Cara pemberiannya :

Diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore),sedang untuk volume kira kira berat rumput 10% dari berat badan kambing, berikan juga air minum 1,5 – 2,5 liter per ekor per hari, dan garam berjodium secukupnya.
Untuk kambing bunting, induk menyusui, dan pejantan yang sering dikimpoikan perlu ditambahkan makanan penguat dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 – 1 kg/ekor/hari.
Analisis Usaha

Lama balik modal investasi 5 ekor kambing= (Investasi:Laba)x1bulan

5 ekor= (21000000:1305667)x1bulan= 16 bulan

Asumsi Analisa Usaha
1. Masa Produktif indukan adalah 5 tahun
2. Lama pemeliharaan 5 tahun
3. Upah kerja dan pemeliharaan 12500 rupiah/hari
4. Daya tahan kandang 5 tahun
5. Perkimpoian sistim suntik (tanpa pejantan)
6. Induk beranak 3 kali dalam 2 tahun
7. induk dikimpoikan lagi setelah 3 bulan beranak
8. Jumlah cempe per kelahiran rata-rata adalah 2 ekor. Sehingga jumlah cempe yang dihasilkan selama 5 tahun adalah: 2 x 7 kali beranak x 5 ekor = 70 ekor
9. Asumsi kematian cempe adalah 10%, sehingga per kiraan mati sebanyak 7 ekor selama 5 tahun
10. Rasio kelamin cempe yang dihasilkan 50:50 (jantan dan betina)
11. Konsentrat dan hijauan untuk cempe diberikan setelah berumur 3 bulan.
12. Masa kering adalah 2 bulan sebelum beranak kembali
13. Masa Laktasi 150 hari dengan rata2 produksi susu per hari adalah 1 liter. Dalam 5 tahun 1 ekor induk mengalami 7 kali masa laktasi = (150 x 1) x 7 = 1050 ltr
14. Harga susu kambing Rp. 15000 per liter
15. Satu ekor kambing (induk dan jantan) menghasilkan 40kg pupuk kandang/bulan. Cempe tidak diperhitungkan. = (40 x 5) x 60 = 12000kg/ 5 thn
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

13 November 2016 pukul 08.06

Halo, nama saya Roseline JAMES,
sekretorik keuangan untuk PACIFIC STANDARD FINANCE
Karena uang telah menjadi masalah besar dalam hidup hari ini hari kita, organisasi memutuskan untuk setup sebuah perusahaan pinjaman untuk membantu anggota dan non
anggota di seluruh dunia dengan perusahaan pinjaman ini PACIFIC STANDARD FINANCE
Kami adalah sebuah perusahaan pinjaman terdaftar dan agama yang telah dalam praktek
selama lebih dari 10yrs.
Kami memberikan pinjaman untuk membantu orang, perusahaan yang perlu memperbarui keuangan mereka
Status di seluruh dunia, dengan sangat Minimal Suku Bunga tahunan sebagai
Serendah 2% dalam 1 tahun untuk 15 yrs, Kami memberikan pinjaman dalam kisaran Minimum
dari $ 1000 sampai $ 1,000,000.00.and pinjaman kami diasuransikan dengan baik,
keamanan kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi dan maksimum adalah prioritas kami.
orang yang tertarik harus harus menghubungi kami
dengan rincian di bawah ...................
FORMULIR APLIKASI
Nama:___________________________
Alamat:________________________
Seks:____________________________
Usia:____________________________
Negara:________________________
Pendudukan:_____________________
pinjaman Request____________________
Tujuan dari loan_________________
pinjaman Duration___________________
Pendapatan bulanan:_________________
Nomor telepon:___________________

Alamat:
22 barat baru off road NW2
Alamat email:
roselinejamesloanfirm@gmail.com
TERIMA KASIH
mrs Roseline

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mandiri Kredit Usaha Mikro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template